Popular Posts

About

Kebutuhan

Páginas

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Buscar

Selasa, 04 Maret 2014

Kompetensi Dasar     : 
1.1  Pengertian kebutuhan manusia
1.2  Macam-macam kebutuhan
1.3  Berbagai factor yang mempengaruhi kebutuhan manusia
1.4  Alat pemuas kebutuhan manusia

PERMASALAHAN EKONOMI KAITANNYA DENGAN KELANGKAAN


Gambar 1 : Mind Map Kebutuhan

Kata ekonomi berasal dari bahasa Yunani Oikos (rumah tangga), dan Nomos (hukum/aturan). Secara etimologis ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari cara manusia mengatur rumah tangganya sendiri. Tetapi secara lebih luas ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan. 
Selama manusia hidup, manusia akan selalu memiliki kebutuhan dan berupaya untuk memenuhi kebutuhan itu dengan alat pemuas kebutuhan. 

1.1 Pengertian Kebutuhan
Kebutuhan merupakan segala sesuatu yang diperlukan manusia dalam rangka menyejahterakan hidupnya. Kebutuhan dapat diartikan sebagai hal yang sangat kita butuhkan dan tanpanya aktivitas hidup kita akan terganggu bahkan mungkin kita tidak bisa hidup. Kebutuhan berbeda dengan keinginan, jika kebutuhan tidak terpenuhi maka akan mengganggu kelangsungan hidup, dalam memenuhi sebuah kebutuhan biasanya didasari oleh pikiran yang rasional, tetapi jika keinginan tidak dipenuhi maka tidak akan mengganggu kelangsungan hidupnya, dan umumnya didasari aspek emosional. Jadi manusia diharapkan lebih bijak dalam memilah antara kebutuhan dan keinginan.
Kebutuhan manusia beraneka ragam, dari sekian banyak kebutuhan manusia, ilmu ekonomi mengelompokkan ke dalam empat kelompok besar.

1.2 Macam-macam Kebutuhan Manusia


a. Kebutuhan menurut tingkat intensitasnya
1) Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang harus dipenuhi agar manusia dapat mempertahankan hidupnya. Supaya dapat hidup manusia harus makan, minum, dan berpakaian. Selain itu manusia juga memerlukan tempat tinggal atau rumah. Kebutuhan primer juga disebut sebagai kebutuhan alamiah.
2) Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang terjadi setelah kebutuhan primer terpenuhi.
3) Kebutuhan tersier atau kebutuhan kemewahan adalah kebutuhan yang terjadi setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Ia masih memerlukan hal-hal lain yang tingkatannya lebih tinggi. Namun kebutuhan sekunder cenderung ke arah barang prestise di dalammasyarakat, missal : berlian, mobil mewah, dan rumah megah.

b. Kebutuhan menurut waktu
1) Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi saat ini dan tidak boleh ditunda-tunda, misalnya obat bagi orang sakit, makan bagi orang lapar.
2) Kebutuhan yang akan datang adalah kebutuhan yang sifatnya tidak terdesak dan dapat ditunda sampai dengan waktu yang telah ditentukan. Kebutuhan ini berhubungan dengan persediaan atau persiapan untuk waktu yang akan datang. Misalnya orang tua menabung untuk persiapan sekolah anaknya dan asuransi.
3) Kebutuhan tidak terduga
Kebutuhan ini disebabkan sesuatu yang terjadi secara tiba-tiba / tidak disengaja yang sifatnya insidental. Contoh : konsultasi kesehatan
4) Kebutuhan sepanjang waktu
Kebutuhan sepanjang waktu adalah kebutuhan yang dipenuhi secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama

c. Kebutuhan menurut sifatnya
1) Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang berhubungan dengan jasmani. Misal : makanan, minuman, pakaian, dan olahraga.
2) Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang merupakan upaya manusia untuk memenuhi kepuasan jiwa atau rohani seseorang. Misal : rekreasi, mendengarkan musik, dan ibadah.

d. Kebutuhan menurut subjeknya
1) Kebutuhan individu adalah kebutuhan yang dirasakan oleh seseorang dan pemenuhannya dapat dilakukan secara individu. Misalnya petani membutuhkan cangkul, siswa membutuhkan buku tulis dan pensil.
2) Kebutuhan umum/kelompok/kolektif adalah kebutuhan yang diraskan oleh kelompok orang secara bersamaan dan pemenuhannya dapat dilakukan secara bersama-sama, misal : jalan, rumah sakit, dan tempat rekreasi.

1.3 Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan
Ada beberapa hal yang menyebabkan kebutuhan manusia antara satu dengan yang lain berbeda-beda, di antaranya sebagia berikut :
a. Peradaban
Peradaban adalah satu faktor yang membuat kubutuhan tiap zaman berbeda. Kebutuhan manusia pada zaman dahulu hanya tertuju pada kebutuhan primer, misal nenek moyang berpakaian memakai kulit kayu dan daun-daunan, makan pun cukup ubi-ubian. Seiring perkembangan peradaban semakin berkembang pula jenis kebutuhan, manusia membutuhkan makanan lain yang bervariasi dan pakaian terbuat dari bahan yang bagus.
b. Lingkungan
Lingkungan termasuk salah satu faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia. Kebutuhan masyarakat yang mendiami sebuah pesisir berbeda dengan masyarakat yang mendiami pegunungan, penduduk pesisir membutuhkan jarring, perahu, dan pancing agar dapat menangkap ikan di laut. Sedangkan penduduk pegunungan lebih membutuhkan cangkul, benih tanaman, dan pupuk untuk bercocok tanam.
c. Adat Istiadat
Adat istiadat juga mempengaruhi perbedaan kebutuhan setiap individu/kelompok. Pria Jawa memiliki tradisi untuk menggunakan blangkon, sedangkan pria di daerah lain tidak.
d. Agama
Agama termasuk salah satu faktor yang membuat kebutuhan setiap individu berbeda, misalnya penganut agama Islam membutuhkan sajadah untuk salat dan dilarang mengonsumsi daging babi, sedang penganut agama Hindu membutuhkan sesajen dalam upacara keagamaan dan dilarang mengonsumsi daging sapi.

1.4 Alat Pemuas Kebutuhan
Selama manusia hidup, manusia akan selalu memiliki kebutuhan. Kebutuhan manusia harus dipenuhi karena jika tidak akan mengganggu kelangsungan hidupnya. Barang atau jasa yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia disebut sebagai alat pemuas kebutuhan.
Jenis dan alat pemuas kebutuhan
1. Menurut wujudnya 
a. Barang atau benda konkret
Benda konkret merupakan alat pemuas kebutuhan yang dapat dilihat,         diraba, dan dirasakan manfaatnya.
Contohnya: Rumah, pakaian, roti, nasi, dll
b. Jasa atau benda abstrak
Jasa merupakan alat pemuas kebutuhan yang hanya dapat dirasakan manfaatnya, tetapi tidak dapat dilihat atau diraba.
Contoh: hiburan, musik, layanan angkutan, dan sebagainya

2. Menurut kelangkaannya
a. Benda bebas, yaitu benda yang jumlahnya tidak terbatas sehingga untuk mendapatkannya tidak perlu pengorbanan atau secara cuma-cuma.             Benda ini sudah ada di alam bebas
Contohnya: oksigen, air di musim penghujan, sinar matahari dan                sebagainya.
b. Benda ekonomi, yaitu benda yang tersedia dalam jumlah yang terbatas       sehingga untuk mendapatkan perlu pengorbanan.
Contoh:air pada saata musim kemarau, pakaian, rumah, dll
c. Benda illith, yaitu benda yang jika jumlahnya sesuai kebutuhan akan           bermanfaat tetapi jika berlebihan akan merugikan kehidupan manusia.
Contoh: air jika jumlahnya satu gelas bisa memenuhi kebutuhan                dahaga, tetapi jika melimpah dan menyebabkan banjir akan merugikan

3. Menurut hubungan dengan benda lain
a. Benda pengganti (substitusi), merupakan benda yang dapat                           menggantikan benda lain yang sedang diperlukan.
Contoh: pensil atau pulpen, teh atau kopi, sandal atau sepatu, dll
b. Benda pelengkap (komplementer), merupakan benda yang berfungsi               melengkapi benda lain.
Contoh: bahan bakar bagi mobil, tinta bagi spidol, kunci bagi pintu, dll

4. Menurut tujuan pemakaiannya
a. Benda konsumsi, benda yang tujuannya dapat dipergunakan langsung             untuk memenuhi kebutuhan.
Contoh: minuman, makaian, makanan, dll
b. Benda produksi, merupakan benda yang dipergunakan untuk                          memproduksi benda lain baik berupa barang maupun jasa.
Contoh: komputer bagi programer, kamera bagi fotografer, dll

5. Menurut sifatnya
a. Benda bergerak, benda yang mudah dipindah-pindah. Benda ini biasanya         digunakan sebagai jaminan pinjaman jangka pendek.
Contoh: perhiasan, mobil, motor, dll
b. Benda tidak bergerak/tetap, benda yang tidak dapat dipindah-pindahkan.         Biasanya dijadikan jaminan pinjaman jangka panjang.
Contoh: pabrik, tanah, gedung, dll









0 komentar: